Blog ini merupakan diari yang mencatit suka duka saya dalam dunia memasak. Saya bukan pakar memasak dan bukan cita-cita saya untuk menjadi pakar tukang masak tapi saya lebih suka masak sendiri di rumah selain mengisi masa lapang saya. Walaupun saya agak terlambat menceburkan diri dan dalam kategori budak hingusan dalam dunia masakan, saya akan cuba yang terbaik dengan belajar dari otai blogger-blogger dan sapa2 kat luar sana.

Monday, June 16, 2014

Bakso

Kali ni teringin nak buatkan bakso untuk Encik Suami. Kesian dia... jauh dari kampung. Setiap kali balik kampung, kami akan turun bandar cari bakso.
Hasil google, saya pilih resipi dari blogger Indonenesia. Jadi, resepi yang dibawah adalah dalam bahasa Indonesia. Saya akan alih bahasa dalam laporannya nanti. Insyallah

resep bakso

Bakso

Bahan-bahan:

  • 1 kg daging sapi giling
  • 1 ons tepung kanji
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sendok makan garam (sendok besar)
  • 1/2 sendok teh merica bubuk (sendok kecil)
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Blender atau tumbukan


Cara Membuat Bakso:

  1. Haluskan bawang putih dengan menggunakan tumbuk atau blender.
  2. Campur bawang putih yang sudah ditumbuk atau dihaluskan ke dalam adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji.
  3. Aduk adonan pada nomer (2) tersebut hingga merata kurang lebih 10 menit
  4. Setelah adonan tercampur dan teraduk rata selanjutnya bentuklah adonan tersebut menjadi bulatan-bulatan dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, dan usahakan agar ukurannya tidak terlalu besar supaya bisa matangnya secara lebih merata dan lebih cepat.
  5. Masukkan bulatan bakso yang sudah anda buat tadi ke dalam air panas, kemudian rebuslah ke dalam air yang mendidih hingga baksonya terlihat matang.
  6. Tunggu beberapa saat sampai bakso matang.. Proses perebusan biasanya memakan waktu 10-15 menit.
  7. Untuk melihat Tanda bakso yang telah matang adalah bakso itu mengapung di permukaan air yang mendidih.
  8. Lalu angkat bakso yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan.



Kuah Bakso

Bahan:
  • Tulang sapi
  • Air
  • Bawang putih 5 siung, goreng dan haluskan
  • Bawang merah 4 siung, goreng dan haluskan
  • Bawang goreng 1/2 sdm, haluskan
  • gula 2 satu sendok makan
  • garam 1 satu sendok makan
  • lada 1/2 satu sendok teh
  • daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya saja, iris halus kecil kecil
  • kaldu sapi instan, 2 sdt


Cara:
Rebus air bersama tulang dan semua bumbunya sampai mendidih dan tulangnya menjadi matang.
Jika sudah matang, kecilkan apinya dan selanjutnya anda sudah bisa menyajikan bakso bersama kuahnya.



No comments:

Post a Comment